Selamat UAS, Bu!




Kok Ibu? Iya, sudah jadi rahasia umum saat UAS menjelang yang remfong biasanya para ibu, termasuk saya. Seminggu jelang UAs biasanya saya dan Khalil sudah rapat kecil2an,isinya seputar sejauh mana kesiapan belajar Khalil, apa yang hendak dicapai dan usulan2 Khalil soal jam2 bermainnya.

Prakteknya? Jauuuuh, belajar cuma 30 menit,mainnya dua jam,hehehe...Biarin dah,yang terpenting bagi saya adalah tidak ada paksaan dalam belajar, dan tak ada ambisi berapa besar angka yang harus dicapai. Yang penting adalah prosesnya, buat saya itu sudah lebih dari cukup.

Saya pun yakin semua ibu pasti mengamininya bahwa ini bukan semata angka di atas kertas, tapi bentuk tanggung jawab anak sebagai siswa di sekolahnya, sekaligus mengukur sejauh mana penguasaan konsep yang sudah anak kuasai(teorinya begitu). Dilapangan? Beragam, masih banyak yang ambisi sang anak musti jadi yg terbaik, itu tidaklah salah,orang tua mana yg tak ingin punya kebanggaan. Maka, tidak sedikit orang tua yg diberikan ujian, ada yang diberikan cobaan berupa sulitnya anak untuk belajar, atau saat anak siap belajar eh adik2nya mau ikutan, atau tetiba rewel minta perhatian, dan berbagai ujian lainnya.

Pernah seorang ibu bilang ke saya,tiap Kali anaknya UAS atau UKK, ia harus belajar dan menghafal(ini yg tes sebenarnya siapa ya?)..dan saat anaknya pulang yes,langsung diberondong pertanyaan, gimana?bisa?salah berapa kira2?..Ya Allah Bu, sepatu anak saja belum dilepas, sudah diinterogasi bak polisi.

Akhirnya, sebelum saya menunjuk ke orang lain, saya coba mengambil cermin sambil membatin, anak juga manusia, Ki..didiklah mereka dengan ilmu, bukan ambisi..Selamat UAS anakku, nikmati setiap proses yang dijalani, adapun hasil? Itu bukan wewenang kita!

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔