Akan Selalu Ada Orang Baik, Tapi Masalahnya Bukan di Situ


Pasca Paris attack, saya jadi rajin update perkembangan yang terkait dengannya, terutama dampaknya bagi muslim atau yang dikenal dengan Islamophobia. Bukan apa-apa, selain karena pernah merasakan hidup di negara mayoritas non muslim dan saya berhijab, banyak teman-teman di luar sana yang cukup ketar-ketir dengan dampaknya. Saya pribadi selama tinggal di negara bagian US tidak pernah mengalami perlakuan tidak menyenangkan, kami hidup berdampingan dengan damai.

Alhamdulillah, teman (well, kenalan maksudnya) yang mosting info di foto yang saya share ini dapat perlakuan positif yang tak terduga. Kebetulan beliau tinggal di UK, negara dimana muslim mulai diperhitungkan keberadaannya tetapi berbanding lurus dengan perlakuan rasis di negara itu (monggo dilihat video perempuan kulit hitam yg ngomel2 di bis ke muslimah berhijab dengan kata2 rasis). Kenalan saya ini pastinya tak akan melupakan momen yang jarang terjadi, dan hanya Londo berhati emaslah yang mau berfikir dan tak mudah terpengaruh berita saja, yang mau memperlakukan muslim dengan fair, di tengah dampak Islamophobia baru-baru ini.

Dan, hey...Alhamdulillah juga ternyata dunia Internasional tidak lebay dengan hanya melulu prihatin pada Paris attack, banyak bukti di beranda facebook, wikipedia, media cetak yang mengabarkan bahwa mereka sangat bersimpati atas apa yang terjadi di Palestina, Suriah, bom beirut dan banyak lagi. Ini contohnya, (http://www.washingtoninstitute.org/…/gaza-demonstrations-ar…). Mereka melakukan aksi memprotes serangan gaza dan menginginkan perdamaian. Atau kalau lagi males browsing2, bisa juga lihat di sini (https://www.google.co.id/search…) berupa foto2 aksi keprihatinan terhadap serangan gaza oleh Israel setahun yang lalu.

Nah, kalau Suriah bagaimana? Kebetulan saya rajin mengikuti media online sekelas Al-Jazeera, Meski tidak semasif berita Palestina, ALhamdulillah beberapa cukup getol memberikan update info terkait perkembangan konflik di Suriah, bahkan kemarin sempat ada wartawan Londo yang share terkait kondisi anak2 Suriah, etapi kok postingannya yang saya share kemarin hilang ya?..*yasudahlah..

TAPI, bukan ini sebenarnya yang dimaui. Kita menghargai kepedulian dunia internasional soal tragedi kemanusiaan yang menimpa berbagai negeri, Palestina termasuk di dalamnya. Tapi...Apa yang media kabarkan(bukan hanya facebook), terkesan tidak adil dengan melulu mengupdate info paris attack bahkan sampai mr. Mark menyediakan bendera perancis buat foto profil. Kalau mau adil, coba media internasional memblow up juga secara masif berbagai peristiwa di seluruh negeri. Bakal rame dong? lha, fungsi media kan memang memberitakan peristiwa dan media internasional kan harusnya merepresentasikan misinya, yaitu sebagai corong informasi dunia.

Terus, inti dari postingan ini apa, Ki?

meneketehe...

Ya intinya, berdasarkan pengalaman hidup di luar sana maka sebagai muslim yang taat adakalanya saya harus bersikap sebagai berikut:

--> Tetap obyektif terhadap berita yang berseliweran di beranda, amati, teliti bahkan kalau perlu di analisa mana yang hoax mana yang nggak, karena kredibilitas kita diperhitungkan dalam menyampaikan berita. Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang Fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu“. (QS. Al Hujurat: 6).


--> Jangan menutup mata dan memukul rata, tidak semua Londo benci dengan Islam , masih banyak dari mereka yang baik, mau berpikir dan open minded. Juga jangan berburuk sangka, bahwa dunia hanya peduli pada paris attack tapi pada dunia Islam tidak, buktinya seperti yang sudah saya sampaikan di atas.
--> Kalau kita hidup lagi hidup di luar tetaplah besabar, tetap berbuat baik dan terus sandarkan harapan pada Allah Sang Maha Pendengar lagi Maha Bijaksana.



---> Meski demikian, kita juga harus tetap waspada, terutama untuk teman2 yang hidup di luar sana, karena para Londo yang tidak update berita dan hanya mengandalkan media lokal semisal BBC,ABC news, Fox dan laiinya. Mereka seperti katak yang hidup dalam tempurung, apa yang mereka baca di channel2 berita lokal, itu yang masuk dalam alam pikiran dan mempengaruhi sikap dan perbuatan. Akhirnya lahir yang namanya Islamophobia.

---> Kalau saya, tetap menghargai teori konspirasi, terutama kalau areanya sudah bawa-bawa kelompok jihadis lah, ekstrimislah, bahkan teroris. Ya, logikanya gini aja, kalau mereka paham konsep jihad nggak bakalan dech ngebom sana ngebom sini tanpa memahami metode dakwah seperti apa yang sebenarnya diajarkan oleh Rasul.

--> Dan please, jangan bawa2 bendera liwa roya (bertuliskan kalimat laa ilaaha ilallah) sebagai ikon teroris yah. Itu bendera mulia, bendera yang dipakai Rasulullah ketika berperang melawan orang2 jahiliyah yang saat Rasulullah berdakwah menyampaikan Islam, mereka malah melakukan penyerangan secara fisik. Itu bendera simbol ketaatan, dan Rahmatan lil alamin.

--> Terus belajar memahami agama Islam, semakin paham sebenarnya kita akan semakin yakin bahwa apa yang mereka tuduhkan jauh panggang dari api alias tidak benar. ‪#‎yukngaji‬ ah....


---> Jangan berharap banyak dari facebook smile emoticon
link foto2 yang saya share kemarin aja dah ilang sekarang...ups, sabar..sabar

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔