Pengalaman Mengurus Visa Ke Amerika



Sudah lama saya ingin berbagi soal ini. Meski Amerika bukanlah negara impian, namun bagi sebagian orang yang mendapatkan kesempatan sekolah di sana, mengurus visa merupakan hal penting yang tak bisa dianggap remeh. Langsung saja saya share pengalaman suka duka mengurus visa ini ya.

Kita semua sudah tahu, bahwa mengurus visa di kedutaan besar Amerika adalah hal yang sulit. Pertama kali yang saya lakukan adalah membuka website US Embassy, dilanjut dengan mengisi beberapa form, mensubmit-nya dan tak lupa pergi ke studio foto.
Saya datang ke kedutaan sekitar pukul 5 pagi. Tanpa membuat janji dulu, saya datang hari Senin yang memang diperuntukan bagi pelajar dan keluarga, yang akan membuat visa. Kebetulan visa saya F2. Selain membuat visa untuk saya, visa si kecil pun saya yang urus, tanpa harus mengajaknya bercapek-capek ke kedubes AS.

Setibanya saya di sana, sudah berdiri puluhan orang yang berbaris rapi. Posisi barisan tepat di bawah rel kereta api yang menuju arah Gondangdia. Tepat pukul 8, gerbang pertama dibuka. Gerbang kedua berposisi persis di depan gedung kedubes, dan gerbang ketiga berada di halaman kedubes.
Semua proses saya lalui, hingga berakhir pada wawancara. Pewawancaranya kebetulan bisa berbahasa Indonesia (padahal semalaman saya belajar bahasa Inggris.. T_T..). Pertanyaannya pun formal saja menurut saya, seputar alasa kenapa ke Amerika, suami ambil studi apa, dan berapa lama rencana di sana. Selepas wawancara, saya diberi kartu warna putih, dan diminta datang dua hari lagi.
Saya masih belum mengerti, namun kata bapak penjaga gerbang, saya lolos wawancara dan dapat visanya. Alhamdulillah, impian saya berkumpul bersama suami akhirnya terwujud.
Dari sini saya menyimpulkan, bahwa manusia hanya bisa berencana dan berusaha dengan optimal. Selebihnya diserahkan kepada Allah Yang Maha Menentukan. Apapapun yang ketentuanNya, pasti yang terbaik buat manusia. Yo po ora?...^_^

Oh iya, untuk langkah-langkah detilnya, saya pake blog ini sebagai referensi saat itu: http://arga.wordpress.com/2010/06/09/langkah-langkah-mengurus-visa-pelajar-f-1-amerika-serikat-di-kedutaan-amerika-di-jakarta/

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔