Ada Rindu di Dinginnya Salju

2 Comments
Ada Rindu di Dinginnya Salju
Pagi itu begitu dingin
Hujan yang kunanti sejak semalam tak jua datang
Hanya butiran putih nan dingin yang hadir berkilauan
Seiring munculnya mentari pagi di ufuk timur sana

Rinduku pada hujan sebesar rinduku pada kampung halaman
Yang sudah berbulan-bulan lamanya kutinggalkan
Namun semuanya kini tinggal harapan
Tingginya biaya perjalanan tak pernah bisa kujangkau

Namun asa itu selalu ada
Untaian doa menjadi pelecut diri
Bahwa tak ada yang tak mungkin dalam dunia ini
Aku kan pulang suatu hari nanti


*Puisi ini diikutsertakan dalam Giveaway Semua Tentang Puisi



Seblak

Add Comment
Seblak
Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga bikin seblak, setelah sempat 'mbuang' semangkok seblak yang saya buat sebelumnya. Seblak yang saya buang itu, kebetulan saya posting di FB, dan Alhamdulillah banget, ada kerabat yang mengabari, kalau kerupuk meksiko yang saya pakai, mengandung babi. Hwaaa, sempat kaget, dan untungnya belum sempat dimakan karena difoto2 dulu, setelah tahu ada babinya, langsung dech saya buang.
Alhamdulillah, seminggu berikutnya, ada kerabat yang mudik ke California, yang jika dibandingkan tempat tinggal saya, segala penganan Indonesia terbilang sangat lengkap, beda dengan disini yang harus menempuh perjalanan kurang lebih dua setengah jam, itupun tidak terlalu lengkap kalo menurut saya mah.
Dan inilah penampakan Seblak yang saya maksud:

Adapun resepnya, gampang ternyata, diantaranya:
# kerupuk bawang/kerupuk udang
# cabe
# bawang merah
# bawang putih
# kemiri sedikit
# minyak untuk menumis
# garam
Caranya:
Semua bahan ditumis, jika sudah matang, ditambah air secukupnya, tunggu hingga mendidih. Lalu masukan kerupu mentahnya, diaduk sesekali, dan jika sudah empuk,diangkat.
Alhamdulillah, sikecil dan saya doyan, hingga suami nggak kebagian,hehe..*tapi memang urang suka kayaknya :P

Resep Bakso ala Saya

Add Comment
Bakso merupakan barang langka disini, kecuali saya harus ke pusat kota yang memakan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan. Akhirnya, demi kerinduan yang mendalam pada bakso(lebay), saya coba bikin. Pertama kali bikin, tentu saja gagal, yang keras lah, pahit lah karena pake baking powder.  Tapi saya tidak menyerah, apalagi melihat wajah suami dan si kecil yang begitu 'mupeng' saat saya tunjukkan gambar bakso, yang kadang di upload teman-teman FB di Indonesia.

Hingga suatu hari, saya dapat masukkan dari sahabat saya di Washington State, dan dari situlah saya menemukan formula yang pas dan hingga kini saya pakai sebagai resep membuat bakso. Apa saja resepnya?

Opor Ayam

Add Comment
Foto saya ambil dari http://www.ncc-indonesia.com/detail.php?aid=296


Sudah empat kali saya bikin soto, yang resepnya saya contek dari website di atas. Ternyata hasilnya enak, dan semua suka. Berikut ini resepnya yang saya copy dari sini:

Bahan:
1 ekor  ayam, potong 12 bagian.
1 bh     jeruk nipis, ambil airnya.
1 ltr      air
400 ml  santan kental instant

Bumbu dihaluskan:
2 ruas   jahe
2 ruas   lengkuas
2 ruas   kunyit
1 sdt     lada butiran
2 sdm   ketumbar, sangrai
½ sdt    jintan
3 btr     kemiri
10 bh   bawang merah
5 bh     bawang putih
1 sdt     garam

Steak Ayam

Add Comment




Ini juga udah beberapa kali bikin, ternyata pada suka. Cuma sausnya yang kurang pada minat, mungkin karena kurang garam.. :)

Berikut ini resepnya:

Bahan:
Dada ayam(sapi kalau ada juga bisa)

Bumbu:
Bawang merah 3 siung
Bawang putih 3 siung
Kecap asin tiga sendok makan
Kecap manis dua sendok makan
Garam secukupnya
Minyak zaitun(boleh pake minyak biasa) satu sendok makan
Gula putih satu sendok teh
Tepung tapioka/sagu satu sendok makan
Jeruk nipis/lemon

Cara membuat:

Lasagna

Add Comment
Resep ini saya dapat saat menyaksikan tayangan Food Channel beberapa waktu lalu, sayangnya resepnya tidak saya catat, tapi InsyaAllah masih ingat. Pertama kali bikin, ternyata orang rumah suka, yang kedua kalinya juga demikian, maka masakan ini saya kategorikan sukses. Berikut ini resepnya:

Bahan:
Ayam beberapa potong(saya gunakan paha dan dada, intinya bisa disuwir-suwir)
Lasagna pasta
Saos tomat/pasta tomat
Keju Mozarella
Keju parmesan(optional)

Cara membuat:

Kue Lumpur Panggang

Add Comment
Ini merupakan panggangan yang kedua kalinya sejak saya buat hari ini. Penasaran dengan rasanya, tapi berhubung masih dua jam lagi waktu berbuka, maka saya harus menahan diri untuk sekadar mengetahui rasa dari kue ini. Meski baru pertama kali bikin, saya cukup pede memasukannya ke dalam daftar masakan yang saya anggap sukses. Tanpa menunggu lama, berikut ini resep kue lumpur panggang buatan saya:

Bahan:
  • 2 butir telur
  • 200 gram kentang (saya pakai dua buah kentang, lalu direbus)
  • 1 gelas santan
  • 1 gelas tepung terigu (gak sampai penuh juga gak papa)
  • 1 gelas gula pasir (gak sampai penuh juga gak papa)
  • 1 sdm mentega
  • 1/2 sdt garam
  • 3 sdm susu kental manis
Cara membuat: